Senin, 18 Mei 2015

Makalah Kewirausahaan "VISI"

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala Rahmat, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah  ini dalam bentuk maupun isinya yang mungkin sangat sederhana dengan tepat waktu. Makalah ini kami buat dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan pada semester II di tahun ajaran 2014/2015. Yang berisikan materi tentang Visi Perusahaan.
Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman dalam pembelajaran dan juga berguna untuk menambah pengetahuan bagi yang pembaca.
Kami sadar, sebagai seorang pelajar yang masih proses pembelajaran, yang makalah ini masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.


Amlapura, 29 April 2015



                                                                                                                  Penulis


DAFTAR ISI
Kata Pengantar ..........................................................................................................  i
Daftar Isi ...................................................................................................................  ii
BAB I. PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang ............................................................................................. 1
1.2.   Rumusan Masalah ........................................................................................ 1
1.3.   Tujuan .......................................................................................................... 1
BAB II. PEMBAHASAN
2.1.   Pengertian Visi.............................................................................................. 2
2.2.   Faktor-Faktor Penyusun Visi........................................................................ 4
2.3.   Tujuan Penetapan Visi Perusahaan............................................................... 4
2.4.   Cara Merumuskan Visi Suatu Usaha............................................................ 4
2.5.   Syarat Visi Perusahaan................................................................................. 5
2.6.   Karakteristik Visi Yang Efektif.................................................................... 5
2.7.   Visi Yang Ideal............................................................................................. 6
2.8.   Pentingnya Visi............................................................................................. 6
BAB III. PENUTUP
Simpulan ...................................................................................................................  7

Daftar Pustaka ..........................................................................................................  8


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang
Dalam suatu perusahaan harus memiliki suatu visi yang jelas, karena visi yang akan membuat atau mengarahkan perusahaan tersebut akan kemana tujuannya. Visi juga sebagai pandangan tentang jangka panjang perusahaan atau rencana yang akan dicapai oleh suatu perusahaan. Visi juga bisa disebut sebagai angan-angan atau imajinasi seseorang tentang usaha atau diri mereka tentang perusahaanya suatu saat nanti. Visi ini berupa parnyataan yang jelas, singkat dan padat, tetapi mempunyai makna yang luas mengenai tujuan, cita-cita dan seseuatu yang diinginkan atau dicapai oleh seseorang dalam suatu perusahaan tersebut.
1.2. Rumusan Masalah
1.      Apa yang maksud dengan visi?
2.      Apa saja faktor-faktor dalam menyusun visi?
3.      Apa tujuan penetapan visi perusahaan ?
4.      Bagaimana cara merumuskan visi suatu usaha?
5.      Apa syarat visi perusahaan ?
6.      Apa saja karakteristik merumuskan visi yang efektif?
7.      Harus bagaimana visi yang ideal?
8.      Apa pentingnya visi?

1.3. Tujuan
1.      Untuk mengetahui maksud dari visi!
2.      Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja dalam menyusun visi!
3.      Untuk mengetahui tujuan penetapan visi perusahaan!
4.      Untuk mengetahui cara merumuskan visi suatu usaha!
5.      Untuk mengetahui syarat visi perusahaan!
6.      Untuk mengetahui karakteristik apa saja untuk merumuskan visi yang efektif!
7.      Untuk mengetahui bagaimana visi yang ideal!
8.      Untuk mengetahui pentingnya visi!


BAB II
PEMBAHASAN

2.1.   Pengertian
Kata Visi berasal dari bahasa Inggris yaitu Vision yang berarti penglihatan. Bisa juga diartikan sebagai gambaran untuk masa depan, pandangan tentang jangka panjang perusahaan atau rencana yang akan dicapai oleh suatu perusahaan. Ada juga yang mengartikan visi sebagai angan-angan atau imajinasi seseorang akan usaha atau bisnis atau diri mereka nanti.
Visi adalah pandangan jauh tentang suatu perusahaan ataupun lembaga dan lain-lain. Visi juga dapat di artikan tujuan perusahaan atau lembaga dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuannya tersebut pada masa yang akan datang atau masa depan. Visi tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan  mengenai detail gambaran sistem yang ditujunya, disebabkan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi tidak dapat dituliskan secra jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut.
Pengertian Visi Secara Mendalam
Visi adalah suatu pernyataan tentang gambaran keadaan clan karakteristik yang ingin di capai oleh suatu lembaga pada jauh dimasa yang akan datang. Banyak intepretasi yang dapat keluar dari pernyataan keadaan ideal yang ingin dicapai lembaga tersebut. Visi itu sendiri tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, oleh kemungkinan kemajuan clan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut.PernyataanVisi tersebut harus selalu berlaku pada semua kemungkinan perubahan yang mungkin terjadi sehingga suatu Visi hendaknya mempunyai sifat / fleksibel.

Visi Perusahaan Menurut Para Ahli
a.        J.B. Whittaker
Menurut J.B. Whittaker dalam bukunya “Strategic Planning and Management”, visi perusahaan adalah gambaran masa depan yang akan dipilih dan yang akan diwujudkan pada suatu saat yang ditentukan.
b.       Wibisono
Menrut Wibisono, visi merupakan rangkaian kali yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan.
c.       Kotler 
Menurut Kotler,  visi adalah pernytaan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.
d.      Kamus Besar Bahasa Indonesia
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, visi perusahaan adalah pandangan terhadap suatu masalah, wawasan , kemampuan untuk melihat pada inti persoalan.

Berdasarkan pengertian-pengertian visi perusahaan di atas maka dapat disimpulkan bahwa visi perusahaan adalah pandangan jauh ke depan, kemana perusahaan-perusahaan tersebut akan dibawa atau gambaran apa yang diinginkan oleh perusahaan. Visi perusahaan akan menunjukan suatu kondisi ideal tentang masa depan yang realistis, dapat dipercaya, meyakinkan, serta mengandung daya tarik.
2.2.   Factor-Faktor Penyusun Visi
1.      Sejarah
2.      Freperensi masa kini
3.      Lingkungan pasar
4.      Sumber daya
5.      Kompentensi yang membedakan

2.3.   Tujuan Penetapan Visi Perusahaan
a.       Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan.
b.      Memiliki orientasi pada masa depan perusahaan.
c.       Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan.
d.      Menentukan arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas.
e.       Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan.

2.4.   Cara merumuskan visi suatu usaha :
1.      Kenali bagaimana awal perkenalan tentang usaha tersebut.
  1. Apa yang dipikirkan pada saat itu (tentang usaha tersebut).
  2. Apa yang membuat memilih usaha tersebut.
  3. Apa yang membuat mantap memulai usaha tersebut.
  4. Saat ini, apa yang paling diinginkan (seputar usaha tersebut).
  5. Di masa yang akan datang, ingin seperti apa perkembangan usaha tersebut.
  6. Gambarkan secara detail dan yakinkan diri bahwa yang di tuliskan itu akan menjadi kenyataan. 



2.5. Syarat Visi Perusahaan
Dalam penetapan visi perusahaan harus memenihi persyaratan. Adapun persyaratan visi perusahaan antara lain :
a)      Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
b)      Dapat dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
c)      Berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman.
d)     Memiliki nilai yang memang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan.
e)      Terfokus pada permasalahnan instansi perusahaan agar dapat beroperasi.

2.6.Visi yang Efektif antara lain harus memiliki Karakteristik seperti :
1.        Imagible (dapat di bayangkan).
2.        Desirable (menarik).
3.        Feasible (realities dan dapat dicapai).
4.        Focused (jelas). 
5.        Flexible (aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan).
6.        Communicable (mudah dipahami).

Visi bagi Organisasi atau Perusahaan dapat digunakan sebagai:
1)        Penyatuan tujuan, arah dan sasaran perusahaan.
2)        Dasar untuk pemanfaatan dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya.
3)        Pembentuk dan pembangun budaya perusahaan (corporate culture)

Visi membicarakan hal-hal sebagai berikut:
1.         Wawasan yang menjadi tolak ukur pertumbuhan bisnis Anda.
2.         Sosok Anda atau usaha Anda di masa mendatang.
3.         Bentuk usaha Anda sebesar apa.
4.         Alasan Anda memasuki usaha di bnidang tersebut.
5.         Imajinasi mengenai posisi usaha Anda dan kemana bisnis Anda mau di bawa. 

2.7.Visi yang Ideal harus :
a.       Sederhana (simple)
b.      Teratur (measurable)
c.       Terjangkau (reachable)
d.      Beralasan (reasonable)
e.       Ambisius
f.       Periode waktu (time frame)
g.      Bersifat strategis
h.      Persektif kondisi
i.        Komunikatif

2.8.Pentingnya Visi
Pentingnya sebuah visi  perusahaan karena visi perusahaan sebagai elemene utama bagi suatu strategi untuk mencari pencapaian hasil yang lebih tinggi atau lebih baik.

BAB II
PENUTUP
Simpulan
Visi adalah pandangan jauh tentang suatu perusahaan ataupun lembaga dan lain-lain. visi perusahaan adalah pandangan jauh ke depan, kemana perusahaan-perusahaan tersebut akan dibawa atau gambaran apa yang diinginkan oleh perusahaan. Sebaiknya isi dibuat berdasarkan faktor penyusun visi, tujuan penetapan visi, cara merumuskan visi, syarat visi, karakteristik visi yang efektif, visi yang ideal dan pentingnya visi. Dalam suatu perusahaan atau seseorang yang memiliki suatu usaha harus memiliki visi yang jelas, karena visi yang akan membuat atau mengarahkan perusahaan tersebut akan kemana tujuannya, dan agar perusahaan/usaha itu dapat mencapai tujuan yang dibuat.
  
Daftar Pustaka
Buku Modul foto-copy’an Kewirausahaan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar