Kamis, 12 Maret 2015

Tips Menaklukan Matematika

Tips untuk membantu dan bisa menaklukan matematika :

  1.    Berdo’a sebelum belajar
    Sebelum melakukan kegiatan sebaiknya berdo’alah terlebih dahulu, apalagi belajar. Bedo’alah dan memohon kepada tuhan agar dimudahkan dalam menerima ilmu. 
  2.  Ikhlas : Dalam belajar pendamlah kata ikhlas, karena jika kita tidak ikhlas melakukan sesuatu apalagi dalam belajar, maka pelajaran yang kita terima tidaak akan bisa sepenuhnya diserap dan kita akan siaa-sian mengikuti pelajaran itu.
  3. Optimis : Bepikirlah dan yakinlah bahwa “pasti bisa”. Jika kamu merasa  pesimis, rendah diri, takut saat menerima pelajaran pasti kita akan menjadi malas. Kalau seperti itu ilmu yang kita terima tidak akan bisa diserap dengan maksimal. 
  4. Konsentrasi : Selalu perhatikanlah saat guru menjelaskan. Perhatikan penjelasan guru. Karena tidak semua penjelasannya di tulis di papan. Kuncinya harus fokus/ konsentrasi.  
  5. Bertanya
    Ketika guru selesai menjelaskan, pasti guru akan menanyakan “sudah mengertikah?”. Di saat itulah kamu tanyakan apa yang kamu belum mengerti.tanyakan langsung,  jangan menumpuk-numpuk pertanyaan, bisa-bisa kamu malah tambah tidak paham. Seperti pepatah “Malu Bertanya Sesat Dijalan”. 
  6. Catat dengan rapi dan lengkap : Selalu catatlah penjelasan guru yang di tulis di papan, namun ada juga penjelasannya tidak di tulis dipapan. Walaupun misalnya kamu sudah mencatat di dalam otak, sebaiknya catatlah di buku supaya saat kita mempelajarinya nyambung. Mencatatlah dengan rapi dan lengkap, karena jika kita mncatatnya tidak rapi di tambah tidak lengkap, pasti kita melihat catetannya saja males apalagi mau paham. 
  7. Buat rangkuman Rumus  : Matematika identik dengan rumus-rumus. Pasti banyak rumus yang harus dihafal dan pahamilah secara pengunaanya. Buatlah catatan rumus seperti note book atau yang lain. Agar bisa di baca kapan saja.
  8. Hafalkan rumus denan cara mudah : Kalau masih sulit menghafal rumus, caba ubah lirik lagu kesukaan mu dengan rumus-rumus. Jadi kamu bisa benyanyi sambil belajar dehh.
  9.  Perbanyak latihan soal : Semakin kita sering  berlatih soal, kita akan semakin paham cara penyelesaian soal matematika. Kalau sudah bisa disalah satu soal, lanjutkan lagi ke soal yang lain dengan soal yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Seperti kata pepatah “ala bisa karena biasa”. 
  10. Terapkan : Matematika bisa diterapkan di dalm kehidupan sehari-hari. Banyak materi yang di terapkan di keidupan sehari-hari seperti mengitung untung/rugi, mengitung bunga tabungan, luas dan volume bangun ruang dan masih banyk lagi. Jadi kita tidak rufi dehh belajar metematika J
Mungkin hanya segitu semoga dapat memberikan manfaat,  bisa membantu + memudahkan anda untuk bisa menaklukan matematika J

1 komentar:

  1. tambahkan sitestat (indikator jumlah pengunjung) pada side bar.
    finalley, ini blog sudah bagus... akan lebih bagus lg jika post ditambahkan dan disisipkan gallery

    BalasHapus