Senin, 18 Mei 2015

Tips Anti Stress



Saat istirahat di kantin, Sinta sedang lahap menyantap batagor. Nggak lama menyantap mie ayam plus gorengan. Ririn sahabatnya heran, melihat Sinta bisa kalp gitu. Padahal Ririn tahu, Sinta paling care soal makanan yang masuk ke perutnya. “Gue lagi stress nihh...!” ujarnya sambil melahap bakwan lagi. Ririn hanya terbengong melihat temannya ini.
Hmm... parah banget yaa, seseorang dalam keadaan stress. Macam-macam hal yang dilakukan para penderita stress. Masih mending Sinta hanya kalap maka, coba kalau sampai memakai  narkoba atau bunuh diri? Parah kan?
Naah, nee liat dehh, 16 cara mengatisipasi stres.

  • Jangan Timbul Masalah
Jika ada masalah jangan sampi masalah yang dihadapi berlarut-larut. Sebaiknya sesegera mungkin selesaikan masalah. Sehingga bila ada masalah lain agar mudah mengahadapinya dan agar tidak terlalu runyam.

  • Anggap Biasa
Masalah jangan dijadikaan “monster” yang mesti dihindari, tapi hadapi dan selesaikan dengan bijaksana. Kalau berat, bisa konsultasikan pada orang tua atau sahabat. Eittsss.. jangan pula menganggap remeh masalah. Hadapi secara bijaksana.

  • Tahan Emosi
Berusaha untuk bersabarlah. Kendurkan otot bila darah mulai sampai ke kepala karena marah. Pejamkan mata sejenak, tarik nafas paanjang, hembuskan dan bayangkan kalau kamu melihat pantai yang indah, agar hati menjadi sejuk dan tenang.

  • Banyak Tertawa 
Jangan tenggelamkan perasaan bila marah. Tapi berusahalah untuk tersenyum kalau bisa tertawa lebar J .  Tonton film kartu atau film apapun yang menurut kamu lucu. Tertawalah lepas, sehingga otot-otot wajahmu mengendur.

  • Banyak Minum Air Putih 
Nila mulai terangsang stres, cobalah kamu minum air putih dan tenangkan perasaanmu. Secara nggak langsung, air putih dingin bisa mendiinginkan “suasana” hatimu, akan bisa menjadi lebih tenang.
  • Diskusi atau Curhat
Ceritkanlah masalahmu ke orang yang menurut kamu benar. Diskusi atau curhat minimal sudah mengurangi persoalan yang sedang menghinggapi kepala dan hatimu. Mungkin dengan kamu curhat dengan orang tua atau sahabatmu akan membuat pikiran kamu menjadi lebih lega atau tingan. Dan agar kita juga mendapatkan solusi atau saran darinya.
  • Banyak Menonton
Bukan belajar berarti diabaikan. Tapi dengan menonton, sejenak kamu bisa melupakan masalah yang sedang kamu hadapi. Kamu seakan menjadi tokoh dalam film itu. Malah mungkin bisa terinspirasi dengan menonton.
  • Olahraga 
Lakukan olahraga yang kamu sukai. Bukan membuat petandingan, tapi lebih membuat otot-ototmu bergerak.
  • Ada yang Mengingatkan
Stres kan kadang di luar kesdaran kamu. Perlu banget tuh, seseorang untuk mengingatkan kamu, kalau kamu tuhh, butuh istirahat ddan rileks.
  • Aroma Terapi
Wangi alami yang disebarkan aroma terapi mampu menenangkan pikiran. Pilih aroma wangi kesukaanmu, bisa wangi bunga-bungaan atau aroma buah.
  • Ubah Interior
Biar nggak makin stress, 3 bulan atau 4 bulan sekali ubah interior kamar tidur dan tempat belajarmu. Bisa juga ganti cat kamarmu. Yakin dehh, kamu akan dapat suasana baru.
  • Keluar dari Rutinitas
Sesekali keluarlah dari rutinitas yang membosankan kamu. Cobalah lewat jalan yang lain saat menuju ke sekolah. Siapa tahu malah dapat gebetan kan J.
  • Buka Album Kenangan
Coba dehh, buka album foto lama yang kamu punya. Zaman kamu SD, SMP atau saat balita. Minimal biar kamu senyum atau tertawa ngakak.
  • Dengarkan Lagu
Dengarkan lagu-lagu yang kamu sukai. Makin baik kalau kamu sesekali berkaraoke, agar pikiran dan perasaan kamu menjaadi lebih tenang. Lebih baik dengarkan lagu yang akan membuat kamu happy agar kamu terbawa akan suasana itu.
  • Makan Makanan Segar
Ngemil bisa juga sih buat menghilangkaan stres. Tapi ingat, pilih makanan yang nggak bikin kamu gemuk. Coklat, buah-buahan atau rujak. Hmm.. bikin segar lidah dan bisa jadi membangkitkan semangat dalam diri kamu.
  • Berteriak
Bila terlanjur stres, cobalah pergi ke tempat yang sangat luas. Bisa pantai atau padang rumput. Terbarkan pandangan sejauh mata memandang. Teriakkk dehh.. atau, kamu bisa ke dunia fantasi. Naik deh halilintaar atau kora-kora teruss berteriaklah sekencang-kencangnya. Dan rasakan bedanya. 

sumber: Tabloid Remaja Paling Gaul – Keren Beken

Tidak ada komentar:

Posting Komentar