Jumat, 06 Mei 2016

Pentingnya Menuntut Ilmu



السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
Artinya :
Segala puji bagi Allah Sang Penguasa alam semesta. Semoga salawat serta keselamatan tercurahkan selalu kepada Nabi dan Rasul termulia. Berserta keluarga dan sahabat-sahabatnya, semuanya.
Puji dan Syukur tidak henti kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat, berkah, dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga hari ini kita dapat berkumpul di tempat yang insyaallah mulia ini dalam rangka melaksanakan kewajiban kita sebagai umat Islam, yakni menuntut ilmu.
Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW, yang telah menunjukan jalan dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benerang yakni Adinul Islam.
Tahukah kamu, apa sih hukum menuntut ilmu? Menuntut ilmu adalah wajib bagi semua orang. Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, menyuruh umatnya untuk menuntut ilmu. Islam tidak menghendaki umatnya sengsara di dunia dan di akhirat. Oleh sebab itu perintah menuntut ilmu tidak dibedakan antara laki-laki dan perempuan, meskipun di tempat yang jauh dari negerinya, sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw: “Tuntutlah ilmu walaupun di negeri China karena sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Sesungguhnya para malaikat meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena ridha terhadap ilmu yang dituntutnya.’ (HR ibnu Abdi Al-bar).
Allah mewajibkan manusia menuntut ilmu bukan tanpa sebab. Ada banyak keutamaan menuntut ilmu. Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang beriman dan berilmu sebagaimana firman-Nya dalam QS Al-Mujaadilah ayat 11: “…..niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat……” (QS Al-Mujaadilah: 11)
Dari ayat tersebut, tersurat janji Allah untuk mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu, tak hanya di dunia tapi juga di akhirat. Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya:  “Siapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia, maka harus dengan ilmu, siapa yang menginginkan (kebahagiaan) akhirat, maka harus dengan ilmu, dan siapa yang menginginkan (kebahagiaan) keduanya (dunia dan akhirat), maka harus dengan ilmu”
Sejak kapan kita harus menuntut ilmu ? Dalam ajaran Islam, seseorang dituntut untuk mencari ilmu sejak dalam buaian hingga masuk liang lahad.
Hal ini sesuai dengan sabda Rasul :
أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ
“Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat”
Mengapa kita harus menuntut ilmu ? Emang apa gunanya kita menuntut ilmu ?
Pertama : Kita menuntut ilmu agar pandai, agar tak bisa ditipu orang, agar dapat memimpin bangsa dan negara ini dengan baik.
Kedua : Dengan ilmu, kita akan dapat hidup di dunia ini dengan selamat. Karena ilmu itu adalah cahaya yang akan menunjuki dan menerangi jalan kita. Seperti kata pepatah Arab : “ Ilmu itu cahaya dan bodoh itu kegelapan .”
Ketiga : Menuntut ilmu merupakan ibadah. Orang yang menuntut ilmu mendapat pahala dari Allah SWT dan perbuatannya termasuk berjuang di jalan Allah, jikalau mati, maka matinya syahid. Rosulullah bersabda  yang Artinya : “Siapa yang keluar menuntut ilmu, berarti ia berjuang di jalan Allah SWT sampai dia pulang ke rumahnya.”
Keempat : orang yang menuntut ilmu akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Sebagaimana firman Allah dalam Al Quran surat Al Mujadalah ayat 11 :
يرفع الله الذين آمنوا منكم و الذين أوتوا العلم درجات
Artinya : “ Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat.”
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kesalahan dalam bertutur kata saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu Alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar