KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala Rahmat, sehingga kami dapat
menyelesaikan penyusunan makalah ini
dalam bentuk maupun isinya yang mungkin sangat sederhana dengan tepat waktu.
Makalah ini kami buat dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Kewirausahaan
pada semester II di tahun ajaran 2014/2015. Yang berisikan materi tentang Visi
Perusahaan.
Semoga
makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun
pedoman dalam pembelajaran dan juga berguna untuk menambah pengetahuan bagi
yang pembaca.
Kami
sadar, sebagai seorang pelajar yang masih proses pembelajaran, yang makalah ini
masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh
karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan
yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
Amlapura, 29 April 2015
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar .......................................................................................................... i
Daftar Isi ................................................................................................................... ii
BAB I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang ............................................................................................. 1
1.2. Rumusan Masalah ........................................................................................ 1
1.3.
Tujuan .......................................................................................................... 1
BAB II. PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Visi..............................................................................................
2
2.2. Faktor-Faktor Penyusun Visi........................................................................
4
2.3. Tujuan Penetapan Visi Perusahaan...............................................................
4
2.4. Cara Merumuskan Visi Suatu Usaha............................................................
4
2.5. Syarat Visi Perusahaan.................................................................................
5
2.6. Karakteristik Visi Yang Efektif....................................................................
5
2.7. Visi Yang Ideal.............................................................................................
6
2.8.
Pentingnya Visi.............................................................................................
6
BAB III. PENUTUP
Simpulan ................................................................................................................... 7
Daftar Pustaka .......................................................................................................... 8
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar
Belakang
Dalam
suatu perusahaan harus memiliki suatu visi yang jelas, karena visi yang akan
membuat atau mengarahkan perusahaan tersebut akan kemana tujuannya. Visi juga
sebagai pandangan tentang jangka panjang perusahaan atau rencana yang akan
dicapai oleh suatu perusahaan. Visi juga bisa disebut sebagai angan-angan atau
imajinasi seseorang tentang usaha atau diri mereka tentang perusahaanya suatu
saat nanti. Visi ini berupa parnyataan yang jelas, singkat dan padat, tetapi
mempunyai makna yang luas mengenai tujuan, cita-cita dan seseuatu yang
diinginkan atau dicapai oleh seseorang dalam suatu perusahaan tersebut.
1.2.
Rumusan Masalah
1. Apa
yang maksud dengan visi?
2. Apa
saja faktor-faktor dalam menyusun visi?
3. Apa
tujuan penetapan visi perusahaan ?
4. Bagaimana
cara merumuskan visi suatu usaha?
5. Apa
syarat visi perusahaan ?
6. Apa saja karakteristik merumuskan visi yang efektif?
7. Harus
bagaimana visi yang ideal?
8. Apa
pentingnya visi?
1.3.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui maksud dari visi!
2. Untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja dalam menyusun visi!
3. Untuk
mengetahui tujuan penetapan visi perusahaan!
4. Untuk
mengetahui cara merumuskan visi suatu usaha!
5. Untuk
mengetahui syarat visi perusahaan!
6. Untuk
mengetahui karakteristik apa saja untuk merumuskan visi yang efektif!
7. Untuk
mengetahui bagaimana visi yang ideal!
8. Untuk
mengetahui pentingnya visi!
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian
Kata
Visi berasal dari bahasa Inggris yaitu Vision
yang berarti penglihatan. Bisa juga diartikan sebagai gambaran untuk masa
depan, pandangan tentang jangka panjang perusahaan atau rencana yang akan
dicapai oleh suatu perusahaan. Ada juga yang mengartikan visi sebagai
angan-angan atau imajinasi seseorang akan usaha atau bisnis atau diri mereka
nanti.
Visi
adalah pandangan jauh tentang suatu perusahaan ataupun lembaga dan lain-lain.
Visi juga dapat di artikan tujuan perusahaan atau lembaga dan apa yang harus
dilakukan untuk mencapai tujuannya tersebut pada masa yang akan datang atau
masa depan. Visi tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan
mengenai detail gambaran sistem yang ditujunya, disebabkan perubahan ilmu
serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Visi
adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan dan
apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan
datang. Visi tidak dapat dituliskan secra jelas menerangkan detail gambaran
sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit
diprediksi selama masa yang panjang tersebut.
Pengertian Visi
Secara Mendalam
Visi adalah
suatu pernyataan tentang gambaran keadaan clan karakteristik yang ingin di
capai oleh suatu lembaga pada jauh dimasa yang akan datang. Banyak intepretasi
yang dapat keluar dari pernyataan keadaan ideal yang ingin dicapai lembaga
tersebut. Visi itu sendiri tidak dapat dituliskan secara lebih jelas
menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, oleh kemungkinan
kemajuan clan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama
masa yang panjang tersebut.PernyataanVisi tersebut harus selalu berlaku
pada semua kemungkinan perubahan yang mungkin terjadi sehingga suatu Visi
hendaknya mempunyai sifat / fleksibel.
Visi Perusahaan Menurut
Para Ahli
a.
J.B. Whittaker
Menurut J.B.
Whittaker dalam bukunya “Strategic
Planning and Management”, visi perusahaan adalah gambaran masa depan yang
akan dipilih dan yang akan diwujudkan pada suatu saat yang ditentukan.
b.
Wibisono
Menrut Wibisono, visi merupakan rangkaian kali yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan.
Menrut Wibisono, visi merupakan rangkaian kali yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan.
c.
Kotler
Menurut
Kotler, visi adalah pernytaan tentang
tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang
ditawarkan, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta
aspirasi dan cita-cita masa depan.
d. Kamus Besar
Bahasa Indonesia
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, visi perusahaan adalah pandangan terhadap suatu
masalah, wawasan , kemampuan untuk melihat pada inti persoalan.
Berdasarkan
pengertian-pengertian visi perusahaan di atas maka dapat disimpulkan bahwa visi
perusahaan adalah pandangan jauh ke depan, kemana perusahaan-perusahaan
tersebut akan dibawa atau gambaran apa yang diinginkan oleh perusahaan. Visi
perusahaan akan menunjukan suatu kondisi ideal tentang masa depan yang
realistis, dapat dipercaya, meyakinkan, serta mengandung daya tarik.
2.2.
Factor-Faktor
Penyusun Visi
1. Sejarah
2. Freperensi masa kini
3. Lingkungan pasar
4. Sumber daya
5. Kompentensi yang membedakan
2.3.
Tujuan
Penetapan Visi Perusahaan
a.
Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan.
b.
Memiliki orientasi pada masa depan perusahaan.
c.
Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan
lingkungan perusahaan.
d.
Menentukan arah dan fokus strategi perusahaan yang
jelas.
e.
Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi
perusahaan.
2.4.
Cara
merumuskan visi suatu usaha :
1.
Kenali
bagaimana awal perkenalan tentang usaha tersebut.
- Apa yang dipikirkan pada saat
itu (tentang usaha tersebut).
- Apa yang membuat memilih usaha
tersebut.
- Apa yang membuat mantap memulai
usaha tersebut.
- Saat ini, apa yang paling diinginkan
(seputar usaha tersebut).
- Di masa yang akan datang, ingin
seperti apa perkembangan usaha tersebut.
- Gambarkan secara detail dan
yakinkan diri bahwa yang di tuliskan itu akan menjadi kenyataan.
2.5. Syarat Visi
Perusahaan
Dalam
penetapan visi perusahaan harus memenihi persyaratan. Adapun persyaratan visi
perusahaan antara lain :
a) Dapat
dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
b) Dapat
dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan.
c) Berwawasan
jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman.
d) Memiliki
nilai yang memang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan.
e) Terfokus
pada permasalahnan instansi perusahaan agar dapat beroperasi.
2.6.Visi yang Efektif antara lain harus memiliki Karakteristik seperti
:
1.
Imagible (dapat di
bayangkan).
2.
Desirable (menarik).
3.
Feasible (realities dan
dapat dicapai).
4.
Focused (jelas).
5.
Flexible (aspiratif dan
responsif terhadap perubahan lingkungan).
6.
Communicable
(mudah dipahami).
Visi bagi Organisasi atau Perusahaan dapat digunakan sebagai:
1)
Penyatuan tujuan, arah
dan sasaran perusahaan.
2)
Dasar untuk pemanfaatan
dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya.
Visi membicarakan hal-hal
sebagai berikut:
1.
Wawasan yang menjadi tolak ukur pertumbuhan bisnis Anda.
2.
Sosok Anda atau usaha Anda di masa mendatang.
3.
Bentuk usaha Anda sebesar apa.
4.
Alasan Anda memasuki usaha di bnidang tersebut.
5.
Imajinasi mengenai posisi usaha Anda dan kemana bisnis Anda mau di bawa.
2.7.Visi
yang Ideal harus :
a. Sederhana
(simple)
b. Teratur
(measurable)
c. Terjangkau
(reachable)
d. Beralasan
(reasonable)
e. Ambisius
f. Periode
waktu (time frame)
g. Bersifat
strategis
h. Persektif
kondisi
i.
Komunikatif
2.8.Pentingnya
Visi
Pentingnya
sebuah visi perusahaan karena visi
perusahaan sebagai elemene utama bagi suatu strategi untuk mencari pencapaian
hasil yang lebih tinggi atau lebih baik.
BAB II
PENUTUP
Simpulan
Visi
adalah pandangan jauh tentang suatu perusahaan ataupun lembaga dan lain-lain. visi
perusahaan adalah pandangan jauh ke depan, kemana perusahaan-perusahaan
tersebut akan dibawa atau gambaran apa yang diinginkan oleh perusahaan. Sebaiknya
isi dibuat berdasarkan faktor penyusun visi, tujuan penetapan visi, cara
merumuskan visi, syarat visi, karakteristik visi yang efektif, visi yang ideal
dan pentingnya visi. Dalam suatu perusahaan atau seseorang
yang memiliki suatu usaha harus memiliki visi yang jelas, karena visi yang akan
membuat atau mengarahkan perusahaan tersebut akan kemana tujuannya, dan agar
perusahaan/usaha itu dapat mencapai tujuan yang dibuat.
Daftar Pustaka
Buku
Modul foto-copy’an Kewirausahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar